Seperti yang telah kita ketahui, STRATEGI Promosi Penjualan (= Sales Promotion) dapat dikelompokkan menjadi :
- Jenis PUSH, di mana promosi difokuskan ke pihak DISTRIBUTOR atau RETAILER (= pelaku distribusi atau pengecer)
- Jenis PULL, di mana promosi difokuskan ke pihak END USER atau CONSUMER (= pengguna akhir atau pemakai/konsumen)
KUPON
Kupon cocok digunakan untuk strategi PUSH dan PULL, karena dapat dengan mudah dibagikan langsung ke konsumen ataupun melalui jaringan pengecer.
Kupon dapat digunakan untuk memberi nilai tambah bagi pengecer dan insentif bagi konsumen ketika melakukan pembelian sebuah produk baru, ataupun ketika melakukan pembelian lebih banyak suatu produk yang telah cukup dikenalnya.
SAMPEL / CONTOH PRODUK
Memberikan contoh produk ke konsumen juga merupakan contoh dari penerapan strategi PUSH dan PULL. Memberikan contoh suatu produk baru langsung ke konsumen dapat membantu menciptakan "permintaan pasar" tambahan terhadap produk tersebut, sedangkan memberikan contoh produk baru melalui jaringan pengecer dapat menciptakan insentif bagi pengecer sebagai hasil dari tindakannya melakukan promosi di toko-toko atau gerai-gerai penjualannya.
PREMIUM
Premium adalah produk yang diberikan secara gratis untuk setiap pembelian produk sejenis atau lain dalam jumlah tertentu. Dengan perkataan lain, Premium dapat dipaketkan bersama dengan suatu produk tertentu, atau dengan cara lain, misalnya melalui himbauan langsung ke konsumen untuk mengirimkan bukti pembayaran pembelian produk tertentu ke suatu alamat tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan premium.
Dengan melakukan cara terakhir, promosi dengan cara premium tidak hanya dapat menaikkan jumlah penjualan, tetapi juga memberi peluang untuk menambah daftar alamat konsumen untuk promosi di waktu yang akan datang.
Logo yang terdapat pada produk yang digunakan untuk promosi premium juga akan memberikan BRAND AWARENESS (= kepekaan akan suatu merk tertentu) yang lebih luas di jaringan konsumen.
PROGRAM LOYALTI
Program loyalti merupakan salah satu langkah strategi promosi PULL, di mana ini merupakan program promosi penjualan yang berlangsung terus-menerus dilakukan ke konsumen, yang telah menyatakan bersedia untuk menerima informasi dari program tersebut.
Kupon, Sampel Gratis dan Premium umum digunakan dalam Program Loyalti.
Salah satu bentuk penerapan program loyalti yang juga banyak adalah dengan menerapkan sistem "point" untuk setiap mata uang (= setiap dollar atau setiap rupiah) nilai pembelian, di mana "point" tersebut setelah dikumpulkan hingga jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan produk tertentu.
PAJANGAN (= DISPLAY)
Pajangan seringkali dianggap remeh, namun sesungguhnya merupakan salah satu cara penerapan strategi PUSH yang efektif apabila dilakukan dengan benar.
Pihak Pembuat (= Manufacturer) dapat mendukung program penjualan yang dilakukan si pengecer dengan menyediakan pajangan yang didisain dan dibuat dengan sangat menarik.
Pajangan yang mampu menarik perhatian konsumen akan memberikan dukungan yang sangat bernilai bagi pihak pengecer, sehingga pihak pengecer juga akhirnya dapat menjadi lebih loyal ke Pihak Pembuat produk-produk tersebut.
Pertanyaan yang mungkin masih dapat menggelitik kita saat ini adalah bahwa setelah melalui masa-masa panjang, dekade demi dekade, apakah bentuk-bentuk Sales Promotion tersebut di atas masih manjur untuk meningkatkan penjualan secara signifikan ?
0 comments:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.