6 Langkah Mendongkrak Pemasaran Produk Anda


Setiap tenaga pemasaran tentu  ingin mempunyai produk khusus tertentu yang    akan dipasarkannya serta memahami target pasar (niche) mana yang menjadi tujuan promosinya.
Produk khusus itu akan merupakan produk andalannya, di mana ia akan semaksimal mungkin mencurahkan perhatiannya untuk mempelajari segala hal mengenai pembuatan produk tersebut, memahami kelebihan dan kekurangannya, serta mempersiapkan rencana untuk mendapatkan penguasaan pasar yang semakin lama semakin luas dan kuat.

Berikut ini ada 6 tip yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan rencana pemasaran yang mampu mendongkrak pangsa pasar :

1. Temukan Buyer yang Kehausan :
Lakukan pengamatan pasar untuk mendapatkan target buyer (calon pembeli) yang sungguh-sungguh memerlukan barang yang sesuai dengan karakteristik produk Anda. Sebutlah mereka sebagai buyer yang sedang kehausan. Buyer yang kehausan tersebut bisa saja karena ditinggalkan oleh supplier (pemasok) sebelumnya, misalnya karena masalah dalam kelangsungan operasional produksinya.

2. Dapatkan Informasi Target Pasar :

Berdasarkan pengetahuan mengenai karakteristik produk Anda, cobalah untuk menggali informasi sebanyak mungkin dari target pasar Anda, misalnya :
  • kebutuhan seperti apa yang mereka butuhkan 
  • apa masalah yang sedang mereka hadapi 
  • apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut 
  • apa dampak yang mungkin terjadi pada mereka.

Seluruh informasi ini akan dapat menjadi poin-poin keunggulan yang Anda cantumkan di dalam proposal penjualan Anda.

3. Dapatkan Informasi Mengenai Competitor Anda :
Berusahalah untuk mengetahui competitor Anda dan gunakan informasi yang diperoleh untuk menyusun strategi pemasaran Anda.
  • siapa competitor (pesaing) Anda 
  • apa yang mereka tawarkan 
  • apa kelebihan dan kekurangan produk mereka 
  • apa kekuatan dan kelemahan operasional produksi mereka
  • bagaimana cara mereka memasarkan produknya
  • bagaimana cara mereka mendistribusikan produknya
4. Periksalah Kesiapan Diri Anda :

Pastikan bahwa Anda sudah mempunyai peluru-peluru yang cukup untuk menerapkan strategi pemasaran Anda, misalnya apakah Anda sudah memahami karakteristik (kelebihan dan kekurangan) produk Anda, seberapa cepat Anda dapat memenuhi kebutuhan mendesak calon pelanggan Anda, dsb.



5. Penawaran yang Wajar dan Kompetitif :

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Tetaplah mengajukan penawaran harga yang wajar sesuai dengan nilai tambah dari produk Anda. Setiap kenaikan harga sepatutnya disertai dengan adanya perluasan nilai tambah dari produk dan layanan Anda. Ingatlah bahwa dalam setiap kesempatan bersama calon pelanggan, kita sedang membangun kepercayaan untuk masa depan.


6. Lakukan Promosi yang Kreatif dan Berkesinambungan :

Tidak ada yang akan membeli produk Anda apabila tidak ada yang mengetahuinya ! Banyak metode promosi yang dapat Anda pilih, namun yang terpenting, tetaplah merencanakan program-program promosi Anda dengan teratur dan pastikan itu diterapkan setelah melakukan evaluasi dari langkah sebelumnya.





0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.